News
Loading...

Buah-Buahan Khas Indonesia yang Hampir Punah Dalam Berita Terbaru


Siapa sih yang tidak kenal dan tidak suka mengonsumsi buah-buahan ? Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia kaya akan hasil sumber daya alamnya. Hal itu juga terbukti, dimana pada tahun lalu Indonesia pernah tercatat sebagai negara peng-ekspor buah-buahan terbesar di dunia. 

Kawasan Eropa-lah, yang saat itu mendapat pasokan buah-buahan paling banyak dari negara Indonesia. Seakan seperti dunia terbalik, justru kini negara Indonesia yang paling banyak meng-impor buah-buahan dari negara lain. 

Menurut berita terbaru hari ini, Indonesia pernah meng-impor buah-buahan sebanyak 148.216 ton. Memang miris, mengingat negara kita tercinta yang kaya akan sumber daya alam, harus meng-impor buah-buahan dari negara asing.

Terlepas dari semua hal itu, dari sekian banyaknya jenis buah-buahan yang ada di Indonesia, ternyata beberapa jenisnya yang bisa dikatakan hampir punah lho. Buah apa sajakah itu ? Berikut dibawah ini ada 4 jenis buah-buahan khas Indonesia yang hampir punah :


Berita Terbaru 4 Jenis Buah-Buahan yang Hampir Punah

1. Buah Kesemek

Buah khas Indonesia pertama yang hampir punah itu adalah buah kesemek. Buah yang satu ini, merupakan saudara dekatnya buah apel. Entah itu dari bentuk, warna, dan rasa, buah kesemek memiliki kemiripan dengan buah apel. 

Konon, manfaat dari buah kesemek ini bisa mencegah penyakit kanker lho. Namun sayang, keberadaanya sangat sulit untuk ditemukan. 

2. Buah Kemunting

Buah khas Indonesia kedua yang hampir punah itu adalah buah kemunting. Mungkin sebagian besar dari kita, belum banyak yang kenal akan buah yang satu ini. Buah kemunting hanya tumbuh subur didataran tinggi.

Bentuknya yang lonjong dengan panjang kurang lebih sekitar 1,5 cm. Memiliki warna ungu kemerah-merahan, dan buah kemunting juga memiliki rasa yang manis. Konon, buah kemunting ini jarang sekali ditemukan bahkan bisa dikatakan punah.

3. Buah Kelubi

Buah berikutnya yang hampir punah itu buah kelubi. Sekilas, bentuk dari buah khas Bangka Belitung ini sangat mirip dengan buah salak.

Buah kelubi sendiri memiliki rasa manis yang berpadu rasa asam menyegarkan, sama halnya dengan rasa yang dimiliki buah salak. Beralih ke pulau Kalimantan, biasanya buah kelubi sering dijadikan manisan.

4. Buah Lai

Buah terakhir yang hampir punah itu adalah buah Lai. Jika kamu adalah penggila buah durian, maka kamu tidak akan asing lagi dengan buah khas pulau Kalimantan ini. Pasalnya, buah Lai merupakan saudara dekatnya buah durian.

Demikianlah berita terbaru hari ini mengenai jenis buah-buahan khas Indonesia yang hampir punah. Apakah diantara kalian ada yang pernah mencicipi salah satu dari keempat buah-buahan tersebut ?

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment