News
Loading...

Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Beberapa makanan dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Makanan untuk gula darah tersebut banyak dijumpi dalam kehidupan kita sehari-hari. Makanan merupakan salah satu yang harus dikontrol oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Penderita diabetes yang bijak harus tahu mana makanan yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah dan mana yang bisa menurunkannya. Selain itu, olahraga rutin, pola makan yang benar, istirahat yang cukup serta menjauhi stres adalah langkah yang baik untuk mengontrol gula darah. Banyak makanan yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah anda sehingga anda tetap mempunyai kondisi kesehatan yang prima, bugar dan sehat.

Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Dibawah ini beberapa makanan untuk gula darah supaya tekanannya bisa turun dan anda terhindar dari penyakit diabetes, diantaranya adalah :
1. Pare
Pare umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Makan buah ini dapat menurunkan gula darah. Karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.
2. Bawang putih
Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.
3. Buah apel
Kandungan pektin tinggi dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak makan apel.
4. Cabai
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.
5. Kedelai
Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

Beberapa makanan di atas dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin agar gula darah anda segera turun serta terhindar dari penyakit diabetes yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment